Selasa, 07 Desember 2010

MEMASANG FILE SWF DI BLOG


File flash yang berekstensi swf merupakan file pemanis dalam tampilan blog atau website. Hal itu karena sifatnya yang interaktif, ringan (ukuran file biasanya tak terlalu gede) dan dapat dibuat sendiri dengan berbagai tutorial yang tersedia di dunia maya. Sehingga akan lebih nampak “sentuhan pribadi” pada tampilan tersebut.
File flash dalam berbagai bidang memang sangat berdaya guna sebagai media interaktif. Yang saya rasakan sendiri adalah dalam bidang pendidikan anak, file flash sangat cocok untuk menampilkan berbagai materi secara interaktif sehingga sangat menarik terutama untuk usia anak-anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan merangsang anak untuk mencoba nya sendiri. Dengan mempelajari sedikit cara menggambar, kemudian diolah dengan action script anda telah dapat menampilkan sebuah animasi yang menarik untuk ditampilkan pada blog atau website pribadi.
Bagi anda yang memiliki blog atau website yang telah dihosting terpisah, baik gratis maupun berbayar, mungkin tidak menjadi masalah dalam mengembed file flash. Namun bagi kita yang ngeblog pada paket gratis tanpa hosting perlu sedikit belajar bagaimana mengembed file flash. Jika blog anda berada di wordpress.com maka anda tidak diijinkan untuk mengembed file flash, gak tau juga kenapa yah?? Tapi kalao blog anda di blogger.com (blogspot) atau blogdetik.com (yg saya tahu hehehe…) anda masih diijinkan untuk memasang file flash di blog.
Bagi kita yang nge-blog tanpa hosting terpisah, persoalan berikutnya adalah dimana kita menyimpan file flash tersebut? Karena biasanya tak dapat di simpan pada paket penyimpanan yang tersedia pada blog kita. Solusinya adalah file kita simpan di web yang menyediakan file swf hosting, tentu saja kita pilih aja yang gratis. Tapi hati-hati yang gratisan begini biasanya diembel-embeli dengan iklan, maklum merupakan sumber pendapatan mereka. Diantara free file swf hosting, saya pribadi lebih pas menggunakan 4shared.com atau swfcabin.com. Keduanya gratis dan langsung bisa kita pasang di blog.
Jika anda upload file di 4shared.com, untuk memasang file swf perlu beberapa langkah berikut :
  1. Login di 4shared.com
  2. Upload file swf anda
  3. Coba mainkan file swf tersebut di 4shared.com, untuk mendapatkan url dari file swf anda harus mengcopy sumber filenya. (URL yg tampil pada 4shared.com jika kita pasang pada blog akan menampilkan juga halaman 4shared.com)
  4. Cara mendapatkan url file, Klik “Tool”, klik “Page Info”, klik “Media” (untuk browser Mozilla Firefox). Kemudian perhatikan daftar file yang tampil, cari file dengan keterangan “embed” atau “menggabung”. Blok nama url tersebut kemudian copy dan pasang di blog sesuai format embed pada blog anda.
Untuk swfcabin.com, jauh lebih mudah tanpa regristrasi anda langsung upload file swf, kemudian ikuti langkah mendapat URL file swf seperti pada langkah diatas, setelah anda mendapatkan copy url file swf anda kemudian pasang di blog sesuai format yang diijinkan. Namun perlu diingat karena tanpa regristrasi maka url file harus anda simpan dengan baik karena jika memerlukan sewaktu-waktu anda harus search menggunakan nama file tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar